Islam dan lingkungan hidup

Nama:  Nurya
Npm: 1931090151


Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh.

Disini saya akan membua artikel tentang eksistensi laut yang berjudul “Laut Sebagai Tanda Kemahakuasaan Alloh”.Dalam menjelaskan tentang eksistensi laut al-Quran bisa menjelaskan tentang pencipta langit dan bumi seperti laut . Wilayah yang kadang-kadang tampak tak bertepi dengan kedalaman yang bisa mencapai ribuan meter menyimpan sejumlah besar air yang tak terhitungkan volumenya,bergerak dan bergelombang setiap saat,sungguh menurut logika sehat pasti bukanlah dicipktakan oleh tangan manusia.

Demikian pula proses alamiah bagaimana peran laut dalam menyediakan air untuk penguapan yang dengan mudah dibawa oleh angin dan menjadi hujan di berbagai wilayah yang mungkin sangat jauh dari lautan.
Sebagaimana dijelaskan dengan tegas dalam Al-Quran bahwa pencipta langit dan bumi termasuk laut adalah alloh swt.Yang artinya

“Allohlah yang menciptakan langit dan  bumi dan menurunkan air (hujan) dari langit,kemudian dengan (air hujan) itu dia mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu: Dan dia telah menundukkan kapal bagimu agar berlayar dilautan dengan kehendaknya,dan dia telah menundukkan sungai-sungai bagimu. (ibrahim/24:32)

Laut adalah ciptaan alloh yang menakjubkan ,terbentang luas seolah tak bertepi ,menghubungkan antara satu tempat ke tempat lain,dengan mudah digunakan berlayar oleh aneka bentuk dan bobot kapal pengangkut barang,dari sampan-sampan kecil sampai pada kapal-kapal tanker anjungan pengebor minyak lepas pantai ,industri kelautan dan berbagai macam keperluan yang dapat diproleh di atau melalui lautan.Hanya alloh ,satu-satunya ,yang menciptakan seluruh alam ini dan mengaturnya sedemikian rupa sehingga manusia dengan mudah menganmbil pelajaran dari keteraturan akam tempat mereka hidup dan mencari penghidupan . Al-Quran menyadarkan manusia tentang hal-hal yang menakjubkan ,bagaimana langit di tinggikan ,bumi dihamparkan,unta dan hewan hewan dari berbagai jenis lainnya diciptakan.

Demikian juga lautan yang menyimpan aneka kebutuhan umat manusia ,baik untuk konsumsi sehari-hari ,perhiasan (asesoris) ,aneka tambang didasar dan dibawah laut,maupun untuk komoditas berbagai hasil industri kelautan lainnya.
 Hal lain menakjubkan yang disebutkan Al-Quran berkaitan dengan laut adalah fenomena pertemuan dua laut dengan karakteristik berbeda.Terdapat pada ayat yang menjelaskan hal ini ,antara lain surah al-Furqan/25:53,Yang artinya:

“Dan dialah yang membiarkan dua laut mengalir( berdampingann);yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi asin pahit;dan dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus”. (al-furqan/25:53)

Hal lain yang menakjubkan juga adalah adanya gunung api dibawah laut yang berpotensi sebagai sumber energi jika dapat dikelola dengan baik. Menakjubkan karena api umumnya luruh pleh air laut justru membara dibawah permukaan laut.Sepanjang manusia mau memfungsikan akalnya dengan baik untuk memikirkan betapa rumitnya dan teraturnya alam disekitarnya,maka sepanjang itu pula ia akan terbimbing sampai kepada pencipta,kecuali mereka yang berhati batu. Terpikirlah oleh kita bahwa volume air dilaut yang begitu besar senantiasa bergerak melalui gelombang laut adalah untuk memudahkan mobilitas didalam dan dipermukaannya,dan untuk menjaga suhu tetap stabil sehingga tidak ada lapisan yang panas terus menerus,serta dengan gerakan gelombang itu mammpu membersihkan berbagai limbah alam yang masuk kelaut.

Manusia diberi kesempatan oleh alloh untuk memanfaatkan apa saja yang ada di bumi sepanjang tidak melakukan perusakan,melampau batas dan tabzir sebagaimana dipahami dari surah al-baqoroh adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam rangka beribadah kepadanya. Laut adalah salah satu sumber pemenuhan kebutuhan hidup manusia yang melimpah atas kemurahan alloh swt.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua,kuurang lebihnya saya mohon maaf karena kesempurnaan hanya milik alloh SWT sekian yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini saya ucapan terima kasih.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar